Dandim Brebes Pimpin Ziarah Rombongan HUT Korem 071 Wijayakusuma

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Kamis, 31 Agustus 2023 04:10 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 268 kali ditampilkan

BREBES – Dandim 0713 Brebes Letkol Infanteri Tentrem Basuki pimpin ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumatama I Brebes dalam rangka memperingati HUT ke-62 Korem 071 Wijayakusuma (1 September 2023). Rabu (30/8/2023).

Mengawali kegiatan, Dandim memimpin rombongan memberikan penghormatan kepada 89 arwah pahlawan yang jasadnya terbaring di pusara di TMP tersebut.

Rangkaian ziarah dilanjutkan mengheningkan cipta dan doa guna mendoakan para arwah, kemudian peletakan karangan bunga dan tabur bunga, dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada seluruh arwah sebelum rombongan meninggalkan TMP.

Dandim mengatakan, ziarah itu sebagai bentuk penghargaan kepada para syuhada bangsa yang telah mengorbankan jiwa raganya demi memerdekakan bangsa ini dari tangan penjajah.

“Ziarah rombongan ini juga sebagai introspeksi diri bagi generasi saat ini untuk meneladani dan melanjutkan semangat pantang menyerah serta keikhlasan dari para pahlawan bangsa dalam menjaga tanah airnya,” tegasnya.

Bagaimana tidak lanjut Dandim, walau hanya berbekal bambu runcing pun, namun para laskar pejuang tak gentar berani mati untuk menghadang musuh dengan persenjataan terbaik yang merupakan pemenang perang dunia.

Hanya ada dua pilihan kala itu, yakni merdeka atau mati. Para pejuang sepenuhnya percaya bahwa masa depan anak dan cucu mereka harus diperjuangkan.

Dari nilai-nilai heroik atau patriotisme itu, Tentrem Basuki mengajak seluruh peziarah untuk lebih memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain, memelihara semangat gotong royong, dan mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal positif mulai dari diri sendiri, keluarga, pengabdian kepada masyarakat di lingkungan sekitar, dan seterusnya.