Jelang Operasi Zebra, Polres Brebes Gelar Latihan Pra Operasi

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Jumat, 1 September 2023 18:23 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 433 kali ditampilkan

BREBES - Polres Brebes Polda Jawa Tengah melaksanakan Latihan Pra Operasi Zebra Candi 2023 di Aula Tantya Sudhirajati Jumat (1/9/2023).

Kegiatan Operasi Zebra yang mengedepankan fungsi lalu lintas tersebut akan digelar secara serentak di jajaran Kepolisan mulai 4 - 17 September 2023, selama 14 hari.

Kapolres Brebes AKBP Guntur Muhamad Tariq melalui Kabag Ops Kompol Dodiawan yang memimpin kegiatan tersebut mengungkapkan tujuan Operasi Zebra Candi 2023 adalah tercapainya penurunan pelanggaran, kecelakaan lalu lintas (lakalantas), menurunnya fatalitas korban lakalantas dan upaya meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Kegiatan latihan yang diikuti seluruh peserta yang terlibat ini untuk menyatukan persepsi dalam pelaksanaan operasi agar memaksimalkan dalam meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas," ungkapnya.

Adapun target operasi zebra disebutkan Kabag Ops adalah terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas atau Kamseltibcarlantas serta meminimalisir jumlah pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

"Kita berharap dengan dilaksanakannya kegiatan Latihan ini, para peserta memperoleh gambaran tentang apa yang menjadi tugas pokoknya serta memahami langkah-langkah dalam pelaksanaan operasi sehingga hingga pada akhirnya dapat mensukseskan penggelaran Operasi Zebra Candi 2023," terang Kabag Ops.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Brebes AKP Edi Sukamto menambahkan selama kegiatan tersebut jajarannya juga akan melakukan berbagai upaya serta langkah-langkah antisipatif dalam mencegah terjadinya pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Jajaran Satlantas juga berupaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat serta penegakan hukum lalu lintas yang transparan dan humanis.

Selain melakukan penindakan, pihaknya juga akan memberikan penyuluhan dan edukasi kepada masyarakat tentang Kamseltibcarlantas serta membangun kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

Disebutkan, selama operasi tersebut akan memprioritaskan penegakan hukum melalui sistem ETLE atau electronic traffic law enforcement (tilang eltronik).

"Untuk operasi dilapangan para personel dalam melakukan penindakan pelanggaran engan sistem ETLE, yakni menggunakan ETLE secara mobile maupun hunting," jelasnya.

Diharapkan dengan Operasi ini, tujuan pelaksanaan Operasi Zebra yakni menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan dan angka fatalitas serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas bisa tercapai," pungkasnya.