80 Peserta UMKM Kecamatan Margadana Ikuti Sosialisasi Dana Bergulir LPDB KUMKM Tahun 2024

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Kamis, 25 Januari 2024 14:58 WIB dengan kategori Jawa Tengah dan sudah 334 kali ditampilkan

BREBES - Sekitar 80 peserta dari kalangan pengusaha UMKM wilayah Kecamatan Margadana Kota Tegal, Jawa Tengah mengikuti sosialisasi dana bergulir LPDB KUMKM Tahun 2024 bertempat di Hotel Dedy Jaya Brebes, Kamis (25/1/2024).

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) bersama dengan perwakilan dari DJPb Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Sosialisasi Mekanisme Pemberian Pinjaman atau Pembiayaan Dana Bergulir pada peserta tersebut. Hadir pula dari Wakil ketua komisi VI DPR RI Mohamad Hekal, M.B.A dan perwakilan LPDB Jateng Bayu serta pengurus koperasi dan pelaku UMKM diwilayah Kec.Margadana Kota Tegal.

Perwakilan LPDB Jateng Bayu menyampaikan Bahwa LPDB-KUMKM merupakan suatu lembaga yang berada di bawah Kementerian Koperasi dan UKM yang memiliki tugas di bidang pembiayaan yang mengelola dana bergulir untuk permodalan bagi koperasi dan UMKM. 

Dalam sosialisasi tersebut disampaikan dari peserta, Kendala yang sering adalah terkait permodalan pengembangan usaha. Maka itu, diharapkan Pemerintah Pusat melalui LPDB-KUMKM ikut serta berperan aktif dalam memberikan dukungan kepada koperasi dan UMKM didaerah.

Program dana bergulir yang dijalankan LPDB-KUMKM ini dilaksanakan sebagai bentuk sinergi Kementerian Keuangan selaku Pembina Keuangan dengan Kementerian koperasi dan UKM selaku Pembina teknis.

Guna menjalankan perannya dalam melakukan pembinaan dan pemberdayaan UMKM serta mendorong koperasi untuk menjadi penyalur kredit program pemerintah, Kanwil DJPb senantiasa bersinergi dengan berbagai pihak. 

Bayu berharap, dengan adanya sosialisasi ini, nantinya kita mampu melihat peluang apa yang bisa kita dapatkan untuk meningkatkan permodalan usaha kita semua.

Sementara itu Mohammad Alfin sebagai pegiat UMKM dan koperasi mengatakan terkait kegiatan tersebut sangatlah bermanfaat untuk masyarakat khususnya bagi pengusaha UMKM, 

Semoga program kedepan lebih banyak terealisasi program - program dari Mohamad Hekal, M.B.A ,imbuhnya.