Selain Nikmat, Ini 5 Manfaat Kopi

Diterbitkan oleh Saiful pada Rabu, 20 April 2016 07:33 WIB dengan kategori Unik dan sudah 610 kali ditampilkan

Apakah Anda termasuk pecinta kopi? Kopi ternyata tidak hanya bermanfaat untuk dijadikan minuman, tetapi juga sebagai pembersih rumah.


 

Sejarah mencatat bahwa minuman yang memiliki khasiat membuat mata melek karena kandungan kafeinnya ini pertama kali ditemukan di benua Afrika sekitar 3000 tahun (1000 SM) yang lalu.

 

Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini, dan menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri diperkirakan telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

 

Di samping rasa dan aromanya yang nikmat, sejumlah penelitian para dokter menemukan kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung (kardiovaskuler).

 

Tak hanya bagus untuk kesehatan, kopi rupanya juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah dan perabot rumah tangga. Dirangkum dari beberapa sumber, inilah khasiat kopi yang harus Anda ketahui seperti ditulis Rumah.com, Selasa (19/04).

 

Membasmi semut

 

Sisa makanan yang tercecer di dapur atau ruang makan kerap mengundang kehadiran semut. Untuk mengatasinya, Anda tak perlu menyemprot cairan pembersih serangga yang umumnya mengandung partikel berbahaya bagi tubuh.

 

Caranya, cukup dengan menaburkan ampas kopi di daerah yang kerap didatangi semut. Aroma bubuk kopi yang menyengat ternyata tidak disukai semut.

 

Meski belum ada penelitian secara ilmiah, namun Robert Pavlis melalui blog pribadinya gardenmyths.com telah membuktikan kebenarannya.

 

Memperbaiki furnitur

 

Siapa sangka bubuk kopi yang harum juga ampuh untuk memperbaiki furnitur yang retak. Ambil dua atau tiga sendok makan bubuk kopi hitam lalu campur dengan air hingga menghasilkan pasta tebal.

 

Selanjutnya oleskan pasta tersebut dengan pisau dempul kecil ke sisi lemari atau kaki meja yang retak.

 

Bila ada kelebihan pasta di sekitar tepi, hapus perlahan dengan kain lembab. Biarkan ramuan kopi tersebut mengering lalu gosok untuk membuatnya tampil mengkilap.

 

Untuk furnitur dengan kayu warna merah, tambahkan beberapa tetes yodium kedalam campuran kopi dan air, seperti tertulis laman rd.com.

 

Menghilangkan debu

 

Rumah yang sehat dan aman adalah rumah yang bebas dari debu dan kotoran. Bila menyapu dan mengepel lantai saja tidak cukup, mungkin ampas kopi basah lagi-lagi bisa membantu Anda.

 

Caranya mudah, taburkan ampas di ruangan yang berdebu. Dengan begitu, debu tak lagi bertebangan dan lebih mudah saat dibersihkan.

 

Membersihkan alat dapur

 

Umumnya, para ibu rumah tangga menggunakan sabun cuci piring untuk mencuci perkakas dapur, termasuk peralatan makan. Akan tetapi untuk melenyapkan noda membandel Anda bisa memanfaatkan ampas kopi.

 

Gosok peralatan dapur yang kotor menggunakan spons yang sudah dibubuhi ampas kopi. Tekstur ampas yang sedikit kasar akan membantu mengangkat noda yang sulit dihilangkan.

 

Menghilangkan bau tak sedap

 

Manfaat kopi yang terakhir ini sepertinya bukan sebuah rahasia umum. Freezer lemari es memang kerap dihinggapi bau tak sedap, akibat menyimpan produk makanan siap saji atau aneka daging terlalu lama.

 

Dilansir dari goodhousekeeping.com, freezer Anda dapat beraroma segar kembali dengan meletakkan ampas kopi dalam sebuah wadah yang tahan terhadap dingin. Bau yang mengganggu akan hilang dalam waktu kurang lebih setengah hari.

 

Begitupun bila ingin menghilangkan bau lembap di kamar mandi. Siapkan sehelai kain dan isi dengan bubuk kopi secukupnya, lalu gantung di salah satu sudut kamar mandi.

 

Anda bisa mempraktekkan cara ini di lemari pakaian, kamar tidur, bahkan sepatu sekolah anak.


Sumber