Suryani: PKS Terus Pantau Nasib Enam Nelayan Bintan yang Sempat Ditahan Aparat Malaysia

Diterbitkan oleh Saiful pada Selasa, 24 Agustus 2021 14:41 WIB dengan kategori Bintan Headline Kepri Terkini dan sudah 156 kali ditampilkan

BINTAN - Suryani Ketua Bidang Tani dan Nelayan DPW PKS Kepulauan Riau terus memantau keenam nasib nelayan Bintan, Kepulauan Riau yang sempat ditahan dan diberitakan berbagai media lokal dan nasional beberapa waktu silam.

"Pagi ini,baru saja saya, Bapak Riyono Ketua DPP PKS Bidang Tani dan Nelayan dan Bapak Hanafi Ekra Anggota DPRD Kepri FPKS Dapil Bintan Lingga Video Call menanyakan kabar dan perkembangan nasib enam nelayan Bintan yang sempat ditahan aparat Malaysia," kata Suryani.

Menurutnya, dari enam nelayan tersebut saat ini dua nelayan sudah dibebaskan dan masih karantina di RSKI Galang Batam, 2 lagi masih karantina di Johor dan 2 orang lagi tekong kapal masih belum dibebaskan menunggu proses hukum selanjutnya.

Sementara itu, Hanafi Ekra Anggota FPKS DPRD Kepri Dapil Bintan Lingga mengatakan Pemprov Kepri sudah membentuk Badan Pengelolaan Perbatasan diharapkan ke depan badan ini bisa menjaga nelayan di perbatasan.

"Kita berharap peristiwa ini tidak terulang lagi dan menjadi PR bagi Pemda bahkan pemerintah secara nasional untuk melindungi nelayan-nelayan kita yang mencari ikan di wilayah-wilayah perbatasan. Dari Video Call tadi, alhamdulillah tampaknya yang dibebaskan sehat-sehat semuanya," tambah Hanafi Ekra.

Bersama FPKS DPR RI, Hanafi Ekra terus memantau dua nelayan yang sedang diproses hukum Malaysia dan berharap dua nelayan yang ditahan nanti mendapatkan bantuan hukum dari pemerintah bisa saja difasilitasi KJRI Johor.

"Kita berharap dua nelayan yang ditahan nanti bisa di advokasi pemerintah dan mendapatkan bantuan hukum," tutup Hanafi Ekra.

Lampiran