Pilkades Serentak Aman, 185 Calon Kades di Kendal Laksanakan Deklarasi Damai

Diterbitkan oleh Suroto pada Sabtu, 15 Oktober 2022 20:04 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 531 kali ditampilkan

KENDAL - JATENG

185 calon kepala desa dari 62 desa di Kabupaten Kendal melaksanakan Deklarasi damai pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2022 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Setda Kendal, Sabtu (15/10/2022)

Acara yang difasilisasi oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kendal di hadiri oleh Bupati Kendal,  Dico M Ganinduto, Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun, dan Forkopimda Kabupaten Kendal.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengajak para calon kades untuk bersama-sama menyatukan visi dan misi dan selalu menjaga kondusivitas wilayah dalam proses pilkades serentak yang akan dilakukan pada 19 Oktober mendatang.

"Seluruh calon kepala desa yang mengikuti pilkades 2022 bisa menjalankan yang menjadi poin-poin penting yang tertuang dalam deklarasi hari ini," ujar bupati Kendal. 

Dirinya menegaskan, seluruh calon kepala desa harus siap menang maupun kalah dan menjalankan proses kontestasi pilkades sesuai dengan aturan perundang-undangan yang telah ditetapkan.

"Semua harus siap menang dan harus kalah. Panitia juga akan memastikan semua prosesnya berjalan dengan kondusif dan aman," jelas Dico.

Terkait adanya beberapa lokasi yang disinyalir berpotensi rawan dalam pelaksanaan pilkades, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan TNI/Polri untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Untuk daerah yang berpotensi rawan, kita akan melakukan pemantauan berkala. Beberapa desa yang disinyalir rawan mungkin ada perlakuan yang lebih ketat lagi. Pada prinsipnya kita berharap pilkades ini mendewasakan demokrasi di Kabupaten Kendal," bebernya.

Sementara itu Wakapolres Kendal Kompol Edi Sutrisno S.H M.H menyampaikan bahwa polres kendal beserta jajaran TNI siap melaksanakan pengamanan Pilkades serentak ini dengan Baik, 

"Sebelumnya juga kami telah melaksanakan simulasi Pam Pilkades. Semoga dengan kesiapan Personil kami, bisa menjadikan Kendal aman terkendali," ujar Wakapolres Kendal.