Usbah: Meneladani Perjuangan dan Pengorbanannya Wujud Terimakasih kepada Pahlawan

Diterbitkan oleh Saiful pada Jumat, 11 November 2022 18:28 WIB dengan kategori Batam Politik dan sudah 122 kali ditampilkan

 

BATAM - Kemarin, Kamis (10/11/2022) baru saja Indonesia merayakan hari pahlawan. Bagi Ketua DPW PKS Kepulauan Riau Ustadz Bakhtiar (USBAH) momentum hari pahlawan adalah momentum mengingat sejarah perjuangan dan pengorbanan dalam melawan penjajah.

"Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme," jelas USBAH memaparkan secara singkat sejarah hari pahlawanm

Dilanjutkannya, setelah gencatan senjata antara pihak Indonesia dan pihak tentara Inggris ditandatangani tanggal 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Walaupun begitu tetap saja terjadi bentrokan-bentrokan bersenjata antara rakyat dan tentara Inggris di Surabaya. Bentrokan-bentrokan tersebut memuncak dengan terbunuhnya Brigadir Jenderal Mallaby (Pimpinan Tentara Inggris untuk Jawa Timur) pada 30 Oktober 1945.

Untuk itu, melalui momentum hari pahlawan ini mari sama-sama kita meneladani perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu, perlu juga untuk mendoakan para pahlawan.

"Terima kasih Pahlawan yang telah gugur dalam medan pertempuran melawan Penjajah untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia yang telah diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945. Semoga Allah Allah SWT menempatkan para Pahlawan yang mempertahankan Kemerdekaan NKRI di tempat yang terbaik di Syurga Nya," tutup Bakhtiar.