1.447 Warga Riau Sakit Akibat Asap

Diterbitkan oleh Kasmadi pada Sabtu, 23 Februari 2008 00:00 WIB dengan kategori Nasional dan sudah 1.062 kali ditampilkan

RIAU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tak sekedar menjadi ancaman bagi kelestarian hutan, melainkan juga ancaman bagi kesehatan warga. Setidaknya 1.447 warga sudah sakit akibat asap.
PEKANBARU-Riau - Kabut asap yang melanda sejumlah wilayah di Riau tidak hanya menjadi ancaman serius bagi kelestarian hayati, namun juga mulai menimbulkan gangguan serius terhadap kesehatan masyarakat. Dinas Kesehatan Riau merilis data peningkatan sejumlah penyakit yang memiliki keterkaitan dengan asap.

Berdasarkan rekab data dari Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Bengkalis priode Senin (17/2) hingga Jumat (22/2) tercatat sebanyak 1.447 warga mengalami gangguan kesehatan akibat asap dengan rincian penderita infeksi saluran atas (ISPA) 1.095 orang, iritasi kulit 150, iritasi mata 29, konjungtivitas 19 dan diare 254 orang.

"Dari data di atas membuktikan keberadaan kabut asap mulai menimbulkan gangguan kesehatan," ujar Kadis Kesehatan Riau di Pekanbaru, Sabtu (23/2).

Agar bahaya asap tidak semakin meningkat, Taswin mengatakan pihaknya hari ini menyebarkan 30.000 masker di empat daerah, yakni Siak, Bengkalis, Dumai dan Rokan Hilir. Selain itu, Riau juga langsung minta tambahan 100.000 masker dari pemerintah pusat.

Lebih lanjut Taswin menghimbau kepada masyarakat, terutama mereka yang memiliki riwayat gangguan kesehatan jenis asma atau TBC, agar mengurangi kegiatan di luar rumah.***(mad/Riauterkini.com)