BAMMA Kepri Gelar Seminar 4 Pilar

Diterbitkan oleh pada Jumat, 21 November 2014 06:28 WIB dengan kategori Tanjungpinang dan sudah 1.407 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG - Kementrian dalam negeri direktorat politik republik Indonesia dan dewan pimpinan pusat barisan muda mahasiswa provinsi kepri menggelar Seminar pembangunan karakter ditengah kemajemukan dalam bingkai 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara di hotel sampoerna, Tanjungpinang, Kamis (11/20/14) dari jam 09.00 hingga 11.30 siang.

 

Hadir sebagai narasumber, Ketua Karang Taruna Kota Tanjungpinang Rona andaka Setiawan dan Dosen Stisipol Raja Haji Endri Sanopaka. Menurut Endri Sanopaka, wacana soal nilai-nilai luhur kebangsaan yang ada dalam 4 Pilar ( Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika ) adalah wacana yang memang wajib dipahami serta diamalan dalam kehidupan sehari-hari.


Saat ini, banyak beberapa elemen bangsa ini yang salah kaprah menyalahkan negara ini karena berbagai persoalan serius yang terjadi seperti konflik, kasus korupsi dan lain-lain. Sehingga ada wacana ekstrim untuk memisahkan diri dari NKRI.


Narasumber lain, Rona Andaka Setiawan lebih tegas mengatakan bahwa Pancasila adalah ideologi aktif. Ideologi aktif ini harus dipahami dengan sebenar-benatnya dan diresapi serta dilaksanakan. Jika tidak dipahami apalagi dilaksanakan akan sia-sia saja Pancasila tidak sakti lagi.


Pemahaman soal nilai-nilai luhur bangsa harus terus dilaksanakan tidak boleh berhenti. Sebab, Indonesia saat ini sedang dalam masa transisi.