Blok Masela Harus Dorong Ekonomi Indonesia Timur

Diterbitkan oleh pada Senin, 1 Februari 2016 08:07 WIB dengan kategori Bisnis dan sudah 794 kali ditampilkan

JAKARTA - Dalam waktu dekat Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menentukan lapangan gas Blok Masela, apakah pemanfaatnya dengan kilang darat (onshore) atau di terapung laut (offshore). Menteri Koordiantor Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli yakin, pemanfaatan lapangan gas Blok Masela akan memperhatikan kepentingan daerah sekitar ladang gas khususnya, dan kawasan Indonesia Timur.



Terkait masalah ini, Presiden memberi arahan agar pemanfaatan gas bumi tidak hanya dijadikan sumber pemasukan dalam bentuk devisa. Gas juga harus dilihat sebagai sarana penggerak ekonomi, baik secara nasional maupun, terutama di daerah sekitar lokasi ladang gas.

"Saya yakin pemanfaatan ladang gas abadi Masela akan memperhatikan dampaknya pada pembangunan ekonomi kawasan Indonesia Timur, khususnya Maluku dan sekitarnya. Ia juga harus mampu memberi multiplier effect seluas-luasnya, baik dalam hal penyerapan tenaga kerja, penyerapan tingkat kandungan lokal, transfer teknologi, maupun pembangunan industri petrokimia dan lainnya," kata Menteri Koordinator Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli dalam siaran press, Senin (25/1/2016).