Inilah Tips Atasi Kesulitan Tidur Setelah Bersalin

Diterbitkan oleh Redaksi pada Rabu, 25 Mei 2016 09:58 WIB dengan kategori Unik dan sudah 890 kali ditampilkan

Wanita yang baru saja menjalani persalinan sering mengalami susah tidur. Sementara bayi mungil bisa tertidur lelap di samping Anda dia. Jika mau mencobanya, Anda sebetulnya bisa tidur nyenyak seperti buah hati Anda. Berikut beberapa tipsnya dilansir dari Mother and Baby UK, Rabu (25/5).

Baca buku

Sebuah majalah di samping tempat tidur atau buku bacaan di rumah sakit, apa pun bisa menjadi pilihan Anda. Penelitian menunjukkan bahwa hanya enam menit membaca bisa membuat Anda rileks dan tertidur.

 

Berhitung

Ya, berhitung memang membosankan, namun bisa benar-benar bekerja untuk membuat Anda mengantuk.

 

Berjalan-jalan

Wanita yang bersalin normal biasanya sudah bisa berjalan setelah melahirkan. Anda bisa bangun dari bangsal dan berjalan-jalan di kamar lalu tidur.

 

Makan makanan ringan

Jika Anda sudah bisa makan dan minum, mintalah pasangan Anda untuk menyiapkan makanan ringan, seperti pisang, teh chamomile untuk Anda nikmati sebelum tidur. Penelitian juga menunjukkan jus ceri kaya hormon melatonin yang merangsang kantuk.

 

Matikan ponsel

Anda mungkin tergoda untuk membuka Facebook atau Instagram lalu memosting foto-foto bayi Anda yang baru lahir. Ini bisa benar-benar menghambat tidur Anda. Jadi, matikan segera seluruh perangkat gadget Anda.

 

Mendengar musik klasik

Jika Anda berada di rumah sakit yang suasananya sedikit bising, Anda bisa menggunakan earphone dan mendengarkan musik-musik klasik. Musik klasik menstabilkan irama jantung dan mengaktifkan gelombang otak untuk membuat tubuh lebih tenang dan rileks.

 

Menulis

Menuliskan berbagai isi pikiran juga membantu Anda cepat mengantuk. Anda bisa membuka buku harian dan menuliskan perasaan Anda setelah menjalani masa-masa persalinan.