ITS Berhasil Sabet Juara Tiga RoboBoat di AS

Diterbitkan oleh pada Selasa, 12 Juli 2016 06:19 WIB dengan kategori Pendidikan dan sudah 667 kali ditampilkan

SURABAYA -- Tim Barunastra RoboBoat dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil menyabet juara ketiga dalam ajang 2016 International RoboBoat Competition di Virginia, Amerika Serikat (AS) pada 4-10 Juli 2016.

"Tim yang menjadi juara dalam lomba perahu robotik itu dibesut oleh Pusat Robotika ITS," kata Ketua Tim Barunastra RoboBoat ITS Darwin Setiyawan dalam surat elektronika dari AS, Senin (11/7). 

Dalam ajang itu, Tim ITS mewakili Indonesia bersama tim dari Universitas Indonesia (UI) yang berhasil menduduki peringkat ke-5 dunia. Untuk juara pertama adalah tim dari Georgia Institute of Technology dan tim dari Florida Atlantic University pada posisi ke-2.

"Selain meraih juara ketiga, Tim Barunastra juga berhasil menyabet penghargaan Best Speed and Maneuverability, padahal hal itu merupakan kali pertama bagi tim Barunastra ITS untuk berlaga di kompetisi yang diikuti 13 negara seperti AS, Korea Selatan, India, dan sebagainya," katanya.

Sebelumnya, Indonesia pernah diwakili tim dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Sebagai informasi, International RoboBoat Competition adalah kompetisi tahunan untuk lomba kecepatan dan ketepatan yang diselenggarakan oleh AUVSI Foundation, AS. Kompetisi ini sudah diselenggarakan ke-9 kalinya untuk tahun ini dan diikuti oleh beberapa negara di dunia.

 

Sumber : antara