Ganti Beras dengan Sagu Iskandarsyah Serukan ODNR

Diterbitkan oleh Admin pada Sabtu, 14 Desember 2019 14:41 WIB dengan kategori Headline Karimun dan sudah 672 kali ditampilkan

KARIMUN, - Ketua Komisi II DPRD Kepulauan Riau Ing Iskandarsyah menyerukan masyarakat di wilayah perbatasan seperti Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun untuk mengganti konsumsi beras dengan sagu. Untuk itu, dia menyerukan One Day No Rice atau ODNR.

"One day no Rice maksudnya adalah  satu hari dalam sepekan kita ganti Nasi dgn Sagu, sagu sebenarnya terbukti lebih sehat daripada beras dan baik untuk penderita diabetes melitus," kata Ing Iskandarsyah.

Selain itu, menurutnya, gerakan ini akan mengembangkan KUKM dan perajin sagu jika banyak yang makan dari olahan sagu. Jika ada satu hari kita makan dari olahan sagu banyak ibu-ibu pada jualan produk dari bahan dasar sagu.

"Sagu sangat unik hanya ada di daerah tertentu saja di Indonesia di Sumatra hanya ada di Kepri dan Riau selain di Maluku dan Papua," jelas Iskandarsyah.

Di pemerintah pusat masalah ini juga sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Presiden No 22 Tahun 2009 tentang penganekaragaman pangan konsumsi pangan berbasis sumberdaya lokal. 

"Kebijakan percepatan penganekaragaman konsumsi pangan berbasis lokal ini perlu dikembangkan untuk ketahanan pangan," kata Iskandarsyah. (*/)