Azzah, Gadis Gunung Yang Naik Panggung

Diterbitkan oleh Sholeh pada Senin, 26 Juli 2021 16:30 WIB dengan kategori Headline dan sudah 434 kali ditampilkan

BREBES - Meski berasal dari Desa Kaligadung, Penggarutan, Kecamatan Bumiayu, Brebes Azzah Dwisantya bisa bersaing dalam blantika musik Indonesia. Terbukti, gadis gunung ini lolos di Panggung Pilih-pilih Bintang Pantura 5 Indosiar 2018 dan Juara 2 New Kilau DMD MNC TV 2018 saat dirinya masih berusia 17 tahun.

Berparas yang menawan hati dengan berhiaskan suara merdu, menjadi bekal Azzah dalam dunia tarik suara. Bahkan sekarang lebih sering nginep di Jakarta untuk melakukan perekaman berbagai lagu-lagu dangdut untuk mengisi konten aplikasi.

Anak pasangan dari Bapak Zaenal Arifin dan Ibu Tamara Linda bakal mencatatkan diri sebagai biduan profesional pendatang baru, yang bakal menghentak di tengah kerapuhan industri musik tanah air sejak sepuluh tahun belakangan.
“Aku mulai nyanyi dari panggung ke panggung sejak kelas 2 SMA,” ungkap Azzah yang alumni 2018, SMA 1 Bumiayu.

Secara materi Azza Dwisantya memiliki bekal cukup untuk bernyanyi dengan baik. Maka tak menyia-nyiakan kesempatan diri untuk masuk dapur rekaman.

“Menjadi penyanyi profesional recording, impian ku sejak duduk di bangku sekolah, sejak dulu sudah belajar tampil dari panggung ke panggung. Mengawali manggung tanpa honor, kemudian mendapat honor Rp 150-200 ribu, sampai kini jadi penyanyi Live Performance Artist dengan hornor yang tinggi,” ungkap dara kelahiran Brebes  25 Agustus 2000 kepada Humas TV.

Azzah mengaku tidak mulus dalam meniti kariernya, aral melintang selalu menghadang dihadapan. Sebagai seorang yang pemberani, tekadnya kuat dengan bolak balik Brebes-Jakarta tanpa seorang temanpun. Termasuk saat mengikuti audisi, tak didampingi hanya berteman dengan panas teriknya Jakarta. 

“Aku udah biasa bolak-balik Bumiayu-Jakarta sendirian, jadi enjoy aja naik bis umum,” tuturnya dengan senyum merekah.

Dia percaya, kalau berjalan diatas kebaikan Gusti Allah akan melindungi hamba-Nya. Azzah mengaku masih terus belajar dalam tarik suara dan mulai belajar acting juga. Berbagai audisi dia ikuti dan ketemu artis-artis terkenal dan dari situ dia menimba ilmu secara autodidak. 

“Aku sadar, belum bisa menggapai sukses maka belajar dan terus belajar tiada henti. Aku ingin membahagiakan keluarga dan daerah kelahiranku dengan berkarir sebagai penyanyi,” ungkapnya.

Ditengah Pandemi yang belum usai hingga kini, dia eksis mengadu nasib sebagai pendatang baru di Blantika Musik Tanah Air. Azzah yang memiliki nana asli Azzah Fakriyah Arifin ini pandai memanfaatkan berbagai platform digital sebagai marketplacenya. Azzah konsentrasi mengisi konten menyayi di aplikasi live streaming dengan penghasilan hingga puluhan juta rupiah. Karena panggung hiburan tidak diperbolehkan maka dirinya sejak November 2020 memanfaatkan media sosial untuk mendapatkan penghasilan. 
“Alhamdulillah, meski pandemi, aku masih punya penghasilan dari nyanyi live streaming sekitar Rp 10 juta perbulannya,” ujar Azzah. 

Selain menyanyi, Azzah Dwisantya juga disibukan dengan shooting film serial bergenre misteri-thriller pabrikan OTT terkenal. Dalam film tersebut, Azzah akan berperan sebagai sosok gadis tuna rungu yang mengalami serangan kejahatan dan teror dari sekelompok orang tak di kenal di tempat tinggalnya.

Di tanya sampai kapan akan lajang, Azzah hanya tersenyum. Menurutnya, karena masih kecil dan jalan masih panjang untuk membahagiakan keluarga dan mengharumkan nama Brebes.
“Aku belum berpikir untuk nikah dulu, karena jalan masih panjang untuk menggapai cita-cita sebagai artis penyanyi profesional,” pungkasnya.