KUA Kecamatan Senayang Gelar Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Remaja Usia Nikah

Diterbitkan oleh Ipan pada Selasa, 19 Oktober 2021 20:02 WIB dengan kategori Lingga dan sudah 444 kali ditampilkan

LINGGA-Rabu(18/10/21) Kantor Urusan Agama Kecamatan Senayang mengadakan kegiatan Bimbingan Perkawinan Pra Nikah Bagi Calon Pengantin. Kegiatan ini berlansung selama 2 hari, dari tanggal 18 sampai dengan 19 Oktober dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang.

Pada bimbingan tersebut ada beberapa materi yang disampaikan diantaranya Perkenalan, Kontrak Belajar, dan Pre Test yang disampaikan oleh Aprianto Selaku Plt. Kepala KUA Kec. Senayang. Materi ini merupakan silabus bimbingan perkawinan (binwin) yang sudah disepakati oleh Kemenag Pusat. Di akhir materi diadakan pre-test ujian tulis kepada masing-masing calon pengantin untuk menggali maksud dan tujuan pernikahan.

Kegiatan Bimbingan Perkawinan ini bertujuan membangun ketahanan keluarga di era modern, dengan lima aspek ketahanan keluarga yang terdiri dari sebuah keluarga memiliki kemandirian nilai, kemandirian ekonomi, tahan menghadapi goncangan keluarga, keuletan dan ketangguhan dalam memainkan peran sosial dan mampu menyelesaikan problema yang dihadapi. 

Tidak hanya itu, Kegiatan yang berlangsung tersebut juga bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, pemahaman, dan ketrampilan dalam berumah tangga kepada para remaja yang akan melangsungkan pernikahan sebagai upaya mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah, sehingga nantinya dapat mengurangi angka perselisihan, perceraian dan kekerasan dalam rumah tangga.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat semakin memahami tentang pentingnya lembaga pernikahan, sehingga yang akan menikah sudah betul-betul berada di usia yang matang, dewasa dan sudah mantap".Ujar Aprianto.***(Ipan)