Kualitas Aspal Sirkuit Mandalika dikritik Rider MotoGP, Minta diaspal Ulang

Diterbitkan oleh Saiful pada Selasa, 15 Februari 2022 06:22 WIB dengan kategori Headline Olah Raga dan sudah 427 kali ditampilkan

MANDALIKA - Rider MotoGP meminta beberapa perbaikan dilakukan jelang bergulirnya MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang. Antara lain meminta lintasan sirkuit dirapikan, khususnya masalah debu, kerikil, dan aspal. Fabio Quartararo, juara dunia MotoGP 2021, minta lintasan diaspal ulang.


Tes MotoGP di Sirkuit Jalan Raya Mandalika sudah selesai digelar pada 11-13 Februari kemarin. Sebagai lintasan baru di seri balap motor kelas dunia, Mandalika tentu tak lepas dari kritik dan saran, khususnya dari para pebalap.

 

Mereka butuh lintasan yang bersih, mulus, dan aman. Sejauh ini, hal itu dirasa belum maksimal.


Sejak hari pertama, keluhan sudah muncul dari sejumlah rider. Banyak batu berterbangan mengenai mereka saat motor melaju kencang di lintasan, membuat para rider kesakitan. Dilaporkan Crash, batu-batu kecil itu diduga terlepas dari struktur jalanan saat dilewati ban motor.

 

"Bagian terburuk adalah tikungan 1 dan tikungan terakhir. Tarmac-nya seperti berbeda, dan di tikungan 1 kalian bisa lihat batu," kata Alex Marquez di hari Jumat (11/2).

 

"Saya di belakang seseorang, dan sulit dipercaya, seperti ditembak dan semacamnya. Boom! leher saya kena. Tikungan 1 yang paling buruk," jelas rider LCR Honda itu.


Darryn Binder mengalami hal serupa. "Sangat tak bagus berada di belakang seseorang, karena 'ditembak' oleh batu-batu dan debu," kata rookie MotoGP tersebut.

Sirkuit Mandalika bukannya tanpa pujian. Area runoff yang besar membuat para pebalap merasa nyaman. Tapi kotornya lintasan membuat mereka jadi ngeri juga.

 

"Trek ini, ukuran area runoff-nya salah satu yang terbaik. Tapi ketika saya membalap di belakang Franco (Morbidelli), saya terkena banyak kerikil di leher dan bagian kaca helm saya," kata Fabio Quartararo.

 

"Itu baru di belakang Franco, lho. Bayangkan jika ada 3-5 rider di depan saya dan harus melakukan banyak putaran," jelas juara bertahan MotoGP itu.

 

Quartararo pun meminta ada perbaikan di sirkuit sebelum MotoGP Mandalika digelar. Ia juga mengeluhkan tikungan 1, sama seperti Alex Marquez.

 

"Terutama di tikungan 1 sampai tikungan 7, tarmac-nya seperti terkelupas. Untuk balapan nanti, tikungan 1 perlu diaspal lagi. Betul-betul kacau di sana. Dalam tiga hari bisa terlihat kalau jalanannya makin lama makin rendah," lanjut Quartararo.

 

"Treknya sih aman, masalahnya cuma tarmac-nya terlepas. Ini masalah terbesarnya," jelas Quartararo.