Bupati Asahan Serahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Unaudited T.A 2021

Diterbitkan oleh Fran Manurung pada Senin, 14 Maret 2022 14:13 WIB dengan kategori Asahan dan sudah 429 kali ditampilkan

ASAHAN - Pemerintah Kabupaten Asahan  menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudited tahun anggaran 2021 kepada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) perwakilan Sumatera Utara, bertempat di Auditorium BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Utara jalan Imam Bonjol Medan, Senin (14/03/2022).

LKPD diserahkan oleh setiap Kepala Daerah sebagai bentuk Pertanggungjawaban terhadap pengelolaan keuangan daerah, Pasal 56 Undang-Undang nomor 1 tahun 2004 menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah  wajib menyerahkan laporan keuangan unaudited kepada Badan Pemeriksa Keuangan. 

Penyerahan LKPD dilakukan tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir pada  tiap tahunnya.

Laporan keuangan unaudited tahun 2021 Pemerintah  Kabupaten Asahan  tersebut diserahkan Langsung Oleh Bupati Asahan H. Surya, BSc  dan diterima langsung Kepala perwakilan BPK Sumatera Utara Eydu Oktain Panjaitan SE MM Ak CA CSFA.

Penyerahan laporan keuangan Unaudited tahun anggaran 2021 didahului dengan penandatanganan berita acara serah terima.

Turut hadir dalam acara Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, S.Sos, MSi, Sekretaris Daerah Drs. John Hardi Nasution, MSi,  Para Auditor BPK Perwakilan Sumut, Asisten Administrasi Umum, Kepala BPKAD, Kepala Bappeda, Kepala Bappenda, Kadis Kominfo Kepala Perwakilan BPK Sumut dalam Sambutannya Menyampaikan Apresiasi Kepada Pemerintah Kabupaten Asahan karena telah menyerahkan LKPD 16 hari lebih cepat dari batas akhir penyerahan LKPD yaitu tanggal 30 Maret 2022 dan Kabupaten Asahan menjadi Kabupaten ke 10 yang telah menyerahkan LKPD BPK perwakilan Sumut.

Lebih lanjut Kepala BPK juga mengapresiasi atas tindak lanjut yang sudah dilakukan pemerintah kabupaten Asahan atas temuan BPK  sudah mencapai 80 %.

Selanjutnya BPK akan melakukan Pemeriksaan atas LKPD Kabupaten Asahan tahun 2021  secara lebih rinci mulai dari tanggal 21 maret 2022 s/d 14 April 2022.

Sementara itu Bupati Asahan H. Surya, BSc menyampaikan Ucapan terima Kasih dan Apresiasi kepada Kepala BPK Perwakilan Sumatera Utara atas diterimanya Laporan Keuangan Pemerintah  Kabupaten Asahan untuk segera ditindak lanjuti dan dilakukan pemeriksaan atas Laporan Keuangan tersebut.

”Kami sangat mengharapkan dukungan dan support dari BPK perwakilan Sumatera Utara untuk dapat lebih baik lagi dalam mengelola keuangan Daerah Kabupaten Asahan” ujar Surya. 

Surya juga menyampaikan harapannya kepada seluruh perangkat Daerah yang menjadi pengelola Keuangan Daerah utamanya BPKAD, Inspektorat dan BPK sebagai Pemeriksa Eksternal untuk bisa bersinergi dengan baik dan dapat menjadi benteng yang ampuh dalam menciptakan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparan.(fra)