Dandim 0736/Batang Pimpin Upacara Bendera 17-an

Diterbitkan oleh Suroto pada Selasa, 17 Mei 2022 18:23 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 71 kali ditampilkan

BATANG - JATENG

Dalam rangka mengenang hari kemerdekaan indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, Kodim 0736/Batang melaksanakan Upacara Bendera 17-an bertempat dihalaman Makodim Jalan Jendral Sudirman No. 41 Kelurahan Kasepuhan Batang, Selasa (17/5/22) pagi.


Dandim 0736/Batang Letkol Arh Yan Eka Putra bertindak selaku Inspektur upacara, Perwira Upacara Kapten Arm Rasmono (Pasipers) dan Komandan Upacara Danramil 04/Bawang Letda Inf Absori.   Adapun bertindak sebagai petugas Pengibar
Bendera, Pembaca pembukaan UUD 1945 serta Pengucap Sapta Marga personel dari Koramil 04/Bawang, sedangkan sebagai Pembaca Panca Prasetya Korpri PNS Bambang.


Dalam pelaksanaan upacara bendera kali ini, Letkol Arh Yan Eka Putra membacakan amanat dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang intinya saat ini kita masih berada dalam suasana Idul Fitri 1443 H, untuk itu saya selaku Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi, mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H, mohon maaf lahir dan batin bagi segenap prajurit dan PNS TNI AD yang beragama Islam dan Selamat Hari Raya Waisak bagi yang merayakannya.


Pada kesempatan upacara ini, saya juga mengucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi yang di tunjukkan oleh seluruh prajurit dan PNS Angkatan Darat, karena berbagai tugas yang di amanatkan oleh negara telah dapat kita laksanakan dengan baik.


Banyak prestasi yang telah diperbuat oleh para prajurit kita, baru-baru ini saya telah memberikan penghargaan kepada para prajurit yang telah melumpuhkan salah satu anggota KKB yang telah membunuh prajurit dan istrinya, sehingga kedua anaknya menjadi yatim piatu, penghargaan juga saya berikan kepada kedua prajurit yang telah berhasil menggagalkan pembegalan yang dilakukan oleh sembilan orang.


Rasa bangga dan hormat saya untuk setiap prajurit yang berhasil melaksanakan tugasnya dan membantu mengatasi kesulitan masyarakat di sekelilingnya.


Bulan Mei ini adalah bulan yang bersejarah, karena pada tanggal 20 Mei kita juga memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang menjadi pengingat akan tumbuhnya semangat bangsa Indonesia.  Menjadi titik awal dari semangat bangkitnya Nasionalisme dan cinta akan Indonesia.


Jadikan momen ini sebagai penambah semangat kita dalam menjalankan berbagai tugas yang di amanahkan oleh negara diantaranya pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan pandemi covid-19 dan tugas-tugas perbantuan lainnya.


Sebelum mengakhiri amanat ini, saya akan sampaikan beberapa penekanan sebagai pedoman kita semua.
Pertama, terus tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam setiap melaksanakan tugas maupun dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kedua, implementasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dimanapun bertugas dan berada.
Ketiga, TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan masyarakat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi.
Keempat, terus lakukan tindakan-tindakan yang berdampak terhadap kesejahteraan rakyat, agar mampu menumbuhkan kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD.
Kelima, mantapkan soliditas dan sinergitas internal TNI dengan komponen bangsa lainnya dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.


Demikian amanat saya, selamat menjalankan tugas, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI AD, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonseia yang sangat kita cintai. 

Suroto Anto Saputro