Danrem 071/Wijayakusuma Ikuti Vicon Aster Kasad, Jelang TMMD Ke-115 TA-2022

Diterbitkan oleh Suroto pada Jumat, 30 September 2022 09:06 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 83 kali ditampilkan

CILACAP - JATENG

Komandan Korem 071/Wijayakusuma, Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., selaku PKP (Penanggungjawab Keberhasilan Pelaksanaan) TMMD diwilayah Korem 071/Wijayakusuma mengikuti Video Conference (Vicon) Rapat Koordinasi Teknis Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-115 Tahun 2022, Kamis (29/9/2022) di Ruang Pusdalops Makorem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Banyumas.

Vicon Rapat Koordinasi Teknis TMMD 115 tersebut dipimpin langsung oleh Aster Kasad Mayjen TNI Karmin Suharna, S.I.P., M.A. dari ruang  Puskodal Mabesad Jakarta Pusat, yang juga diikuti para pejabat Satkowil jajaran TNI AD.

Asisten Teritorial Kasad menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Kasdam, Danrem dan Dandim yang mengikuti Rakornis TMMD Reg ke-115 ini. Pada pelaksanaan TMMD Reg 115 ini, Angkatan Darat bekerjasama dengan Kementrian Dalam Negeri dalam hal ini Direktur Kelembagaan dan Kerjasama Desa Kementrian Dalam Negeri dan Yayasan Anak Bangsa Indonesia untuk berkontribusi dalam mensukseskan pelaksnaan TMMD Reg 115 tahun 2022. Kodam jajaran TNI AD siap memberikan pengabdian terbaiknya untuk negeri melalui kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berupa Operasi Bakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral bersama Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat, sebagai upaya untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah.

TMMD ke-115 ini akan dilaksanakan selama 30 hari, dimulai tanggal 11 Oktober s.d 9 November 2022 dan dilaksanakan secara serentak di Kab/Kota, dengan mengerahkan prajurit baik dari matra AD, AL maupun AU yang tergabung pada Satgas TMMD.

TMMD kali ini mengusung tema "TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI", dengan sasaran prioritas terutama kepada daerah miskin tertinggal, terisolir dan terpencil, daerah kumuh perkotaan, daerah perbatasan dan pulau terluar, serta daerah yang terkena dampak bencana alam.

 "Program TMMD merupakan kegiatan lintas sektoral dengan Kementrian/LPNK dan komponen masyarakat yang dilaksanakan secara terpadu dan gotong royong, dan dalam pelaksanaan kegiatannya bukan hanya di lakukan dari TNI saja namun juga dilakukan bersama dengan segenap komponen dan elemen masyarakat diwilayah", jelasnya.

Dalam TMMD ini, selain membangun sarana dan prasarananya sesuai program dalam TMMD, TMMD juga untuk mendukung pemerintah dalam pemanfaatan lahan tidur milik TNI AD, turut membantu mengatasi kesulitan rakyat akan ketersediaan air melalui program TNI Manunggal Air serta turut membantu pemerintah penurunan Stunting diwilayah. 

Aster Kasad menghimbau agar dalam pelaksanaannya dilakukan koordinasi yang baik dengan semua pihak, sehingga terjalin sinergitas untuk mengoptimalkan hasil TMMD yang tepat sasaran dalam mewujudkan Desa TMMD sebagai percontohan desa yang berwawasan kebangsaan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Disamping hal tersebut, Aster Kasad juga menekankan agar dalam pelaksanaannya nanti supaya dipublikasikan kepada masyarakat.

Sementara itu, Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., usai mengikuti vicon Rakornis TMMD 115 mengatakan, Korem 071/Wijayakusuma dalam TMMD kali ini, akan dilaksanakan disembilan wilayah disatuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma baik Reguler maupun Sengkuyung yang pelaksanaanya dilaksanakan serentak.

"Untuk TMMD Reguler Ke-115 ini, akan dilaksanakan di wilayah Kodim 0703/Cilacap tepatnya di Dusun Jakatawa Desa Bulaksari  Kecamatan Bantarsari Kabupaten Cilacap. Sedangkan Sengkuyung, dilaksanakan di 8 satuan jajaran Korem 071/Wijayakusuma yang lain", paparnya.

"TMMD 115 Kodim 0703/Cilacap dalam sasaran fisiknya akan melaksanakan pembuatan talud dengan volume panjang 1. 456 meter, pengerasan jalan sepanjang 1.456 meter, pembuatan gorong-gorong 3 Unit,  pembuatan MCK 2 Unit, disamping itu sasaran tambahan berupa rehab Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 6 unit. Untuk sasaran non fisik, kegiatan yang dilaksanakan adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat arti pentingnya rasa kebangsaan melalui Wasbang dan bela negara serta pemberdayaan masyarakat diwilayah dan peningkatan masyarakat khususnya perekonomiannya", terangnya.

"TMMD merupakan program dari komando atas yang dilaksanakan tiga kali dalam setahun yang bertujuan untuk menigkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya didaerah terpencil, terisolir, kumuh dan daerah tertinggal. Disamping itu, untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, "terang Danrem.

Vicon Rakornis TMMD 115 Korem 071/Wijayakusuma diikuti Danrem 071/Wijayakusuma Kolonel Inf Yudha Airlangga, S.E., Bupati Cilacap yang di wakili Kadispermades Bintang Dwi Cahyono, AP, MM, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P, Bina Mariana, S.T., M.Eng mewakili Ka Bappeda Kab. Cilacap, wakil ketua DPRD Ibu Purwati, S.Pd, mewakili Ketua DPRD Kab. Cilacap.

Suroto Anto Saputro