Lapak Baca : Grow Up Together, Dengan Membaca Menuju Indonesia Berjaya

Diterbitkan oleh Saiful pada Senin, 27 Februari 2023 09:33 WIB dengan kategori Suara Mahasiswa Tanjungpinang dan sudah 395 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG – Pendidikan diyakini oleh semua kalangan sebagai pilar dalam  memberdayakan dan membudayakan peradaban manusia. Untuk menuju negara yang berjaya, diperlukan suatu proses pembiasan untuk masyarakat dalam meningkatkan minat membaca sejak dini. Sejalan dengan hal ini, pada Sabtu dan Minggu/ 25-26 Februari 2023, Generasi Baru Indonesia (GenBI) Kepri Komisariat Universitas Maritim Raja Ali Haji telah melaksanakan kegiatan Lapak Baca dengan mengusung tema “Grow Up Together, Dengan Membaca Menuju Indonesia Berjaya”. 

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, yaitu untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat Tanjungpinang, terkhusus untuk anak-anak. Dengan metode lapak baca di daerah terbuka diharapkan menjadi daya tarik bagi yang suka nongkrong. Dengan suasana berbeda dan cara yang berbeda dalam mendekatkan buku kepada masyarakat dan anak-anak, tujuan lainnya sebagai pengimplementasian salah satu fungsi GenBI yaitu Agent of Change yang diharapkan mampu membawa perubahan terhadap pembangunan peradaban manusia Indonesia agar lebih berjaya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Batu 10 yang merupakan pusat keramaian, dimana para orangtua mengajak anak mereka untuk menghabiskan waktu senggang di sore hari dengan bersantai sambil berburu jajanan. Anak-anak dan orangtua yang berkunjung sangat antusias dengan adanya kegiatan Lapak Baca ini, karena bisa mengisi waktu senggang di sore hari dengan kegiatan yang positif dengan membaca buku dan mewarnai. Tidak sampai disitu saja, divisi pendidikan juga menyediakan snack sebagai bentuk apresiasi terhadap anak-anak yang sudah ikut berpartisipasi dalam kegiatan.

Teti Herliana, selaku ketua pelaksana dalam kegiatan ini mengungkapkan tujuan diadakannya kegiatan ini “kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan minta baca masyarakat terkhusus untuk anak-anak. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini menjadi seru karena besarnya antusias dari semua kalangan yang ikut berkontribusi dalam mensukseskan kegiatan ini. Semoga untuk kedepannya kegiatan positif ini dapat terus berlangsung guna menuju Indonesia yang lebih berjaya” ungkapnya. Ia juga berharap agar kegiatan ini berdampak besar pada kemajuan peradaban manusia kedepannya, dan semua yang terlibat langsung maupun tidak langsung bisa merasakan manfaat dari kegiatan ini.