MPLS SMPIT Al-Kautsar, Kenalkan Sekolah Pada Generasi Baru

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 15 Juli 2023 19:05 WIB dengan kategori Batam Pendidikan Suara Pelajar dan sudah 497 kali ditampilkan

MPLS merupakan kependekan dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan oleh peserta didik baru pada hari pertama masuk sekolah di awal tahun ajaran baru. Sebelum berganti nama menjadi MPLS, kegiatan semacam ini lebih dikenal dengan istilah Masa Orientasi Siswa (MOS). Istilah tersebut pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Calon peserta didik baru yang sudah dinyatakan lolos berjumlah 24 siswa yang akan mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2023/2024.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 10-12 Juli 2023 dengan tema Mari Kita Tumbuhkan Kreatifitas, Inovasi dan Sekolah Ramah Anak Serta Tolak Kekerasan. Kegiatan ini dilaksanakan di sekolah SMPIT Al-Kautsar Madani dengan tujuan untuk Mengenali potensi diri peserta didik baru, membantu peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, dapat menumbuhkan motivasi, semangat dan cara belajar efektif sebagai peserta didik baru. Pelaksanaan MPLS ini diampu oleh guru dan Pengurus Organisasi Intra Sekolah (OSIS) atau Majelis Perwakilan Kelas (MPK) yang berkelakuan baik. Kegiatan MPLS berjalan dengan baik dan lancar, pemateri yang hadirkan dari luar sekolah seperti BNN (Badan Narkotika Nasional), Bhabinkamtibmas kibing.

MPLS merupakan moment para siswa baru untuk bisa saling mengenal dengan teman barunya,mengenal lingkungan sekolahnya baik guru-guru Kepala sekolah maupun unsur-unsur yang terkait dengan sekolah. Serta masa MPLS adalah masa penyesuaian siswa dengan peraturan-peraturan di sekolah yang baru, Suasana baru, metode pengajaran yang baru yang mungkin berbeda ketika saat masih di SD. “Pentingnya masa MPLS ini bagi siswa adalah untuk penguatan mental dan spiritual serta meningkatkan rasa kebangsaan sebagai generasi penerus bangsa karena dipundak mereka lah estafet kepemimpinan akan dilanjutkan dan ini adalah momentum dimana masa transisi dari anak-anak ke remaja sehingga perlu pembekalan yg lebih mendalam agar anak-anak tak mudah terpengaruh dengan lingkungan yang tidak baik, “Ujar Ir.Salbiawati, Kepala SMPIT Al-Kautsar Madani pada Rabu (12/07/2023).

Adapun guru SMPIT Al-Kautsar Madani, mengungkapkan penerapan gerakan MPLS Menyenangkan memiliki perbedaan yang cukup signifikan jika dibandingkan dengan MPLS sebelumnya. Salah satu perubahannya ialah pada MPLS Menyenangkan, peserta didik baru turut terlibat secara langsung. Setelah MPLS ini berakhir maka Kegiatan selanjutnya yang akan dilaksanakan adalah membentuk struktur kelas, mengikuti pembelajaran secara normal, kegiatan ekstrakurikuler, dan mengikuti kegiatan yang telah diagendakan oleh sekolah.