Sekdaprov Adi Lepas 2 Capaska Nasional dan 2 Peserta PPAN Asal Provinsi Kepri

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 15 Juli 2023 17:26 WIB dengan kategori Advertorial Tanjungpinang dan sudah 371 kali ditampilkan

(ADVERTORIAL) - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau Adi Prihantara secara resmi melepas dua Calon Anggota Paskibraka (Capaska) Nasional tahun 2023 dan dua Peserta Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) asal Provinsi Kepri di Ruang Kerja Sekdaprov Kepri, Lt.3, Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Jum'at(14/07) pagi.

Turut mendampingi Sekdaprov Adi dalam Pelepasan Capaska Nasional dan peserta PPAN Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepri M. Ikhsan, dan juga disaksikan oleh Sekretaris Dispora Kepri Aluddin Andi, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kepri Heri Mohkrizal, Kadisdik Kepri Andi Agung, dan para Orang Tua Capaska.

Proses pemilihan Capaska sendiri, telah melewati berbagai tahapan seleksi dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan pusat. Hingga terpilihnya Sanika Satyawada Fauzi Arthadira pelajar SMA Mondial Batam dan Adelia Sibarani pelajar SMAN 2 Tanjungpinang yang akan mewakili Provinsi Kepri untuk mengemban tugas mengibarkan bendera merah putih pada Hari Ulang Tahun RI ke-78 di istana merdeka, Jakarta, Agustus mendatang.

Selain itu, dua peserta PPAN sendiri juga telah melalui tahapan seleksi di Kota Batam pada April lalu, dimana dari 35 peserta yang ikut serta terpilihnya Muhammad Faris Akbar asal Kota Batam akan mengikuti program PPAN Indonesia - Korea pada September mendatang dan Fida Afifah Rahmah asal Kabupaten Karimun akan mengikuti program PPAN Indonesia - Singapura pada 15-23 Juli 2023.

Menanggapi hal tersebut, Sekdaprov Adi mengapresiasi dengan penuh semangat kepada dua Capaska dan dua peserta PPAN yang terpilih, serta berpesan untuk terus menimba ilmu sebanyak-banyaknya.

"Kepri memiliki pemuda-pemudi berbakat dan berpotensi besar. Melalui keikutsertaan dalam Paskibraka Nasional dan PPAN, kita memperlihatkan kepada dunia betapa berkomitmennya kita dalam menjaga nilai-nilai persatuan, menghormati warisan budaya, dan mengembangkan hubungan baik dengan negara-negara sahabat. Saya percaya kalian akan memberikan yang terbaik dan menjadikan Provinsi Kepri bangga," tegas Sekdaprov Adi.

Lanjutnya, Sekdaprov Adi juga berpesan kepada Capaska dan peserta PPAN untuk terus berusaha memberikan hasil terbaik dalam setiap lini yang dihadapi nantinya.

"Jadilah duta yang membanggakan Provinsi Kepri, wujudkan mimpi-mimpi dan tujuan kalian dengan semangat yang tak tergoyahkan. Kalian adalah pemimpin masa depan dan tulang punggung pembangunan bangsa in," pesan Sekdaprov Adi.

Pada kesempatan tersebut, Kadispora Kepri M. Ikhsan juga melaporkan hasil tahapan seleksi Capaska Tingkat Provinsi Kepri yakni, telah dilakukannya 2 proses tahapan seleksi yang nantinya akan mengibarkan Bendera Merah Putih di Kabupaten Natuna pada Agustus mendatang.

"Tahap 1 kita laksanakan pada 3-4 Mei di Hotel Comforta, Tanjungpinang, dengan total 85 peserta yang kita seleksi dengan peserta berasal dari 6 kabupaten/kota selain Natuna, dan tahap 2 kita laksanakan pada 8-11 Mei di Asrama Haji Natuna dengan total ada 33 peserta yang berasal dari pelajar Kabupaten Natuna itu sendiri," ungkap Ikhsan.

Hasil seleksi yakni, terpilihnya 1 orang dari Batam, 6 dari Tanjungpinang, 2 dari karimun, 1 dari Lingga, 2 dari Bintan, 1 dari Anambas, dan 20 orang dari Natuna, serta total keseluruhan menjadi 33 peserta yang berhasil lolos menjadi Capaska yang akan bertugas menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Provinsi Kepri nanti di Kabupaten Natuna pada Agustus mendatang. (mit)