Lampu Hias Hemat Energi

Diterbitkan oleh Redaksi pada Rabu, 29 April 2009 00:00 WIB dengan kategori Teknologi dan sudah 955 kali ditampilkan


Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melakukan uji coba penggunaan lampu hias jalan yang hemat energi terutama untuk lampu hias halaman taman air mancur Balai Kota Yogyakarta.

"Dengan lampu baru ini, saya ingin Kota Yogyakarta tetap terang namun bisa tetap menghemat energi," kata Wali Kota Yogyakarta, Herry Zudianto, di Yogyakarta, Rabu.

[Info untuk Anda: "Semua berita KapanLagi.com bisa dibuka di ponsel. Pastikan layanan GPRS atau 3G Anda sudah aktif, lalu buka mobile internet browser Anda, masukkan alamat: m.kapanlagi.com"]

Menurut dia, dengan penggunaan lampu hemat energi CDMT akan mampu menghemat daya hingga 55 watt karena lampu CDMT hanya memiliki daya 70 watt, sedang lampu merkuri yang biasa digunakan di trotoar memiliki daya 125 watt.

Rencananya, lampu hemat energi tersebut akan dipasang di 94 titik lampu hias sepanjang Jalan Malioboro hingga Jalan Trikora, dengan masing-masing tiang berisi tiga lampu.

"Uji coba di balai kota akan dilakukan satu atau dua bulan dan penghematan yang bisa dilakukan akan cukup banyak," lanjutnya.

Lampu hemat energi CDMT tersebut menggunakan sodium sehingga juga lebih ramah lingkungan daripada merkuri seperti yang digunakan dalam lampu hias sebelumnya.

Sementara itu, staf seksi penerangan jalan umum Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah (Kimpraswil) Suko Darmanto menyatakan bahwa lampu hemat energi tersebut memiliki daya hidup selama empat hingga lima tahun.

"Agar sinar lampu terarah ke bawah, di sekeliling lampu juga dipasang reflektor," lanjutnya.

Sementara itu, beberapa langkah lain yang telah dilakukan Pemkot Yogyakarta untuk melakukan penghematan energi, khususnya di penerangan jalan adalah dengan menggunakan traffic light bertenaga surya.

Selain itu, di halaman balai kota juga sedang dilakukan uji coba lampu penerangan jalan dengan tenaga surya yang akan digunakan untuk menggantikan lampu led yang biasanya digunakan, katanya. (***kpl/cax/ Kapanlagi.com)