TMMD Reguler 110 TA 2021 Wonosobo Resmi Ditutup

Diterbitkan oleh Tauhid pada Rabu, 31 Maret 2021 15:37 WIB dengan kategori Daerah Jawa Tengah dan sudah 367 kali ditampilkan

WONOSOBO

Danrem 072/Pamungkas Yogyakarta Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, S.I.P,. M.M  menghadiri penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 di Desa Gemblengan, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, Rabu (31/3/2021). 

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo Drs H Muhammad Albar, MM  menutup langsung kegiatan TMMD tersebut di Aula Kantor Desa Gemblengan. Penutupan tersebut, dilanjutkan penyerahan hasil TMMD ke-110 oleh Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat kepada Wakil Bupati Wonosobo.

Seperti diketahui, TMMD di Desa Gemblengan tersebut digelar sejak 2 Maret 2021 melibatkan TNI, Polri, Mahasiswa dan masyarakat Desa Gemblengan, di bawah Komando Kodim 0707Wonosobo.

Menurut Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, bahwa kegiatan TMMD Desa Gemblengan ini meliputi dua sasaran yakni kegiatan fisik dan nonfisik. 

Kegiatan fisik meliputi pembangunan jalan yang menghubungkan dua desa di Kecamatan ini. Membangun Jembatan 1 unit, Jalan Makadam panjang 600 M, Saluran 65 M, Plat Dauker 2 buah, Talud panjang 42 M, Pos Kamling 1 buah, rehab tempat ibadah mushola 1 buah, Rehab Aula 1 buah dan sasaran tambahan renovasi rumah tak layak huni (RTLH) 1 bh dan membangun Jambanisasi 10 unit . 

Selain itu  ada sejumlah kegiatan nonfisik yaitu penyuluhan teknologi tepat guna pertanian, wawasan kebangsaan, kesadaran hukum, keluarga berencana, posyandu, bela negara, toleransi kerukunan beragama, UMKM, penanggulangan bencana alam  serta kesehatan terutama yang terkait dengan antisipasi penyebaran virus corona yang masih mewabah di negeri ini serta pelaksanaan Vaksinasi.

"Dengan berakhirnya TMMD ini, saya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Wonosobo atas dukungan dan partisipasinya. Serta kepada masyarakat dan semua pihak yang telah membantu kelancaran pelaksanaan kegiatan ini. Termasuk ibu-ibu PKK Desa yang ikut membantu penyediaan logistik selama kegiatan," tandas Brigen TNI Ibnu Bintang Setiawan didampingi Kapenrem 072/PMK Mayor Czi Agus Sriyanta. 

Dikatakan Brigjen TNI Ibnu Bintang Setiawan, TNI tetap mempertahankan semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat. TNI juga selalu hadir di tengah masyarakat dengan membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat. 

Salah satu bukti nyata kehadiran TNI di tengah rakyat ialah melalui program TMMD. TMMD merupakan program yang mensejahterakan masyarakat. 

Usai Acara  penutupan TMMD, Danrem juga menyempatkan melaksanakan bakti sosial berupa membagi sembako kepada warga sekitar desa sasaran TMMD yang membutuhkan. Pembagian paket sembako dilaksanakan di Aula Balai Desa Gemblengan. 

Acara lain di lokasi sasaran, Danrem bersama rombongan, juga meresmikan hasil sasaran fisik TMMD ke-110 Desa Gemblengan, Wonosobo. Peresmian sasaran fisik ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti. 

Hadir diacara tersebut Wakil Bupati Wonosobo, Kasiter Kasrem 072/PMK, Dandim 0707/Wonosobo, Kapolres Wonosobo, Kajari Wonosobo, Kapenrem 072/PMK, Kepala OPD Pemkab Wonosobo terkait, Camat Garung dan Kades Gemblengan dan Kades Lengkong serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat.

Suroto Anto Saputro