Jelang Nataru, Polsek Senayang Kerahkan Personil Guna Jaga Keamanan Masyarakat

Diterbitkan oleh Ipan pada Jumat, 24 Desember 2021 10:59 WIB dengan kategori Lingga dan sudah 279 kali ditampilkan

LINGGA - Maraknya aktivitas masyarakat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2022 semakin meningkat,ditambah lagi dengan tingginya angka keberangkatan pada angkutan laut yang sudah mulai beroperasi sejak berkurangnya kasus pandemi Covid-19.

Banyak masyarakat yang memanfaatkan moment ini dengan berlibur keluar daerah, bahkan tidak sedikit pula masyarakat yang mudik untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di wilayah Senayang.

Terkait hal tersebut Polsek Senayang dibawah kepemimpinan AKP Tugimin kembali mengadakan Pos Pelayanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2021 yang bertitik di Pelabuhan Umum Senayang.

Bersama hal itu, Polsek Senayang Melaksanakan apel pengamanan Pos Pelayanan Operasi Lilin Seligi 2021 bersama beberapa instansi Kecamatan Senayang, Jum’at(24/12/2021). Diharidi langsung oleh Camat Senayang beserta 4 personil Satpol PP diikuti dengan Danposal, UPP Kelas III Senayang dan Puskesmas Senayang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 desember 2021 sampai dengan 2 januari 2022 ini diharapkan mampu memberikan pelayanan terhadap masyarakat terkait keamanan dan ketertiban Masyarakat yang kondusif dan terkendali.

Terkait dengan Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 62 Tahun 2021 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019. Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Libur Tahun Baru 2022, AKP Tugimin juga mengarahkan anggotanya untuk tetap memberikan imbauan kepada masyarakat khususnya penumpang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

"Saya menekankan kepada seluruh anggota agar tetap memberikan imbauan kepada masyarakat tentang pentingnya selalu menerapkan protokol kesehatan. Mengingat saat ini situasi masih pandemi," ujarnya.

Ada ketentuan khusus bagi PPDN(Pelaku Perjalanan Dalam Negeri) yang melaksanakan perjalanan antar Kabupaten/Kota dari Kabupaten Lingga  menggunakan Moda Transfortasi Laut atau Kapal Penyeberangan(RoRo) diantaranya pelaku perjalanan wajib melengkapi diri dengan kartu/sertifikat vaksin COVID-19 dosis lengkap, jika pelaku sudah memiliki kartu/sertifikat vaksin dosis lengkap maka tidak perlu melampirkan surat keterangan hasil Negatif RT-PCR/Rapid Test Antigen. 

Kemudian PPDN yang baru mendapatkan Vaksinasi COVID-19 dosis pertama wajib melengkapi diri dengan surat keterangan hasil negatif test RT-PCR yang samplenya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau 2x24 jam sebelum keberangkatan. 

Tidak hanya itu PPDN wajib melaksanakan pengecekan suhu tubuh sebelum melaksanakan  perjalanan, tertib dan tetap menjaga jarak selama berada di kawasan pelabuhan, serta dihimbau untuk mengaktifkan aplikasi 𝙋𝙚𝙙𝙪𝙡𝙞𝙇𝙞𝙣𝙙𝙪𝙣𝙜𝙞 dalam rangka pengisian riwayat perjalanan dan validasi kartu/sertifikat vaksin COVID-19 sebagai syarat melakukan perjalanan."Papar AKP Tugimin. ***(CR-Ipan)