Dihukum Berat FIFA dan UEFA, Rusia Banding ke CAS

Diterbitkan oleh Ipan pada Jumat, 4 Maret 2022 07:39 WIB dengan kategori Olah Raga dan sudah 221 kali ditampilkan

JAKARTA - Asosiasi Sepak Bola Rusia (RFU) akan mengajukan banding ke Court of Arbitration for Sport (CAS), selaku badan internasional untuk menyelesaikan perselisihan terkait olahraga, perihal hukuman dari FIFA dan UEFA. 

RFU akan mengajukan sebuah gugatan terhadap FIFA dan UEFA yang berisi tuntutan agar timnas Rusia mendapat kesempatan bertanding, termasuk dalam kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pada pekan lalu, FIFA dan UEFA telah memutuskan timnas dan klub-klub Rusia ditangguhkan dari segala macam kompetisi yang berada di bawah naungan dua badan sepak bola tersebut terkait invasi Rusia ke Ukraina.

RFU menegaskan hukuman FIFA dan UEFA melanggar hak-hak dasar, prinsip olahraga dan permainan yang adil ketika mengambil hak klub Rusia dan tim nasional untuk bersaing.

"RFU akan menunutut pemulihan semua timnas pria dan wanita Rusia di berbagai macam turnamen sepak bola di mana mereka ambil bagian [termasuk di babak kualifikasi Piala Dunia di Qatar], serta kompensasi atas kerusakan," tulis RFU dikutip dari Reuters.

"Guna memastikan kemungkinan partisipasi tim-tim Rusia dalam pertandingan yang dijadwalkan berikutnya, RFU akan menuntut prosedur yang dipercepat untuk mempertimbangkan kasus ini," sambung pernyataan tersebut.

RFU akan mengajukan banding terhadap keputusan FIFA dan UEFA yang dinilai cacat hukum tersebut dalam waktu yang akan diumumkan kemudian.

Timnas Rusia seharusnya akan berhadapan dengan Polandia dalam laga playoff kualifikasi Piala Dunia, namun menyusul hukuman dari FIFA dan UEFA maka Rusia dinyatakan gugur.

Sementara timnas sepak bola putri Rusia juga dihukum dengan tidak bisa berpartisipasi di Piala Eropa pda pertengahan 2022.***(cnnindonesaia.com)

 

 

(nva/nva)

 

Sumber