Diskominfo Kabupaten Tegal Gelar Forum OPD

Diterbitkan oleh Achmad Sholeh pada Kamis, 16 Maret 2023 10:14 WIB dengan kategori Headline dan sudah 900 kali ditampilkan

TEGAL - Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Tegal tahun 2024, Dinas Kominfo kabupaten Tegal menyelenggarakan kegiatan Forum Organisasi Perangkat Daerah (Forum OPD), pada Rabu 15 Maret 2023 di cafe mamapi jalan raya Bojong - Guci.  

Hadir dalam kegiatan ini jajaran Dinas Kominfo beserta mitra kerjanya , diantaranya OJK, BPS, Relawan TIK, PWI, FK Metra, KIM, Forum Radio, PMI, Universitas Bhamada dan beberapa mitra yang lain.

Sebagai narasumber Ketua Komisi 1 DPRD, Kepala Bappeda dan Litbang serta akademisi Poltek Harapan Bersama Tegal.

Forum OPD Dinas Kominfo tahun ini sengaja memilih tempat di “Mamapi Café” Bojong, agar pelaksanaan forum tidak terlalu tegang, santai, sambil menikmati suasana pegunungan yang sejuk. 

"Diharapkan sambil menikmati pemandangan Gunung Selamet, banyak muncul ide – ide, usulan dan saran untuk kemajuan Dinas Kominfo khususnya dan Kabupaten Tegal pada umumnya".  Demikian, ungkap Kepala Dinas Kominfo  Nurhayati,  saat memberikan sambutan pada pembukaan Forum OPD tersebut. 

Pada kesempatan itu Kadis Kominfo juga memaparkan capaian kinerja Dinas Kominfo tahun 2022, kegiatan di tahun 2023 dan rencana program kegiatan di tahun 2024. Anggaran Dinas Kominfo tahun 2024 hanya sebesar 4 mulyar lebih (tidak termasuk gaji dan tunjangan ASN), jauh dari anggaran tahun 2023 yang sebesar 11 milyar (termasuk gaji dan tunjangan ASN). 

Hal ini membuat Dinas Kominfo hanya memprioritaskan kegiatan yang sangat penting bagi mesyarakat dan kelancaran jalannya roda pemerintahan Kabupaten Tegal, berupa pengembangan infrastruktur jaringan dan program aplikasi yang paling besar nilainya. Beberapa program strategis yang belum teranggarkan di tahun 2024 antara lain pembangunan gedung Din⁸as Kominfo, Gedung TIK, Peralatan Comand Centre, perlengkapan Streaming, Podcast dan Press Tour. 

Harapannya bisa dipenuhi di tahun 2024, mengingat Dinas Kominfo sangat strategis perannya saat ini, pungkas Nurhayati.

Sesi berikutnya tanggapan dan paparan dari Nara Sumber yang hadir, pertama oleh Ketua Komisi I DPRD Kab. Tegal yang diwakili Muh.Munif yang menyampaikan pada intinya adalah Selaraskan, Satukan dan Persepsikan. Mulai dari Musyawarah Dukuh, Desa, Kecamatan sampai dengan musyawarah Kabupaten. Selaraskan dan jabarkan seluruh program, dan kegiatan dengan visi dan misi Bupati Tegal.

Paparan kedua dari Bappeda dan  Litbang Gandhi Irawan yang menjelaskan tentang kegiatan Forum OPD, sampai dengan Pagu Indikatif OPD termasuk Dinas Kominfo sampai dengan muncul angka 4 Milyard di tahun 2024. Terakhir paparan dari Muhammad Fikri Hidayatullah Akademisi Poltek Harapan Bersama dengan judul “Data Security” atau keamanan Data, dimana dipaparkan betapa pentingnya data yang bisa dipergunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat bagi segala macam keperluan baik di swasta maupun Pemerintah. Sehingga jangan abaikan Data meski sudah usang atau terlewatkan beberapa tahun yang lalu. 

Selesai paparan dilanjutkan dialog dan tanggapan dari Kadis Kominfo serta Nara Sumber. Terakhir Penandatanganan Berita Acara Forum OPD oleh Nara Sumber dan perwakilan Peserta.