GenBI Kepri Komsat UMRAH Menyelenggarakan Kegiatan Rekonstruksi Rumah Pintar untuk Lingkungan Belajar yang Aman dan Lestari

Diterbitkan oleh Saiful pada Sabtu, 10 Juni 2023 18:08 WIB dengan kategori Pemuda Suara Mahasiswa Suara Pelajar Tanjungpinang dan sudah 487 kali ditampilkan

TANJUNGPINANG -  Pada Sabtu 10 Juni 2023, Divisi Pendidikan bersama Divisi Lingkungan Hidup GenBI Kepri Komsat UMRAH mengadakan kegiatan rekonstruksi rumah pintar di kampus Bugis dengan mengusung tema “Bersinergi Untuk Lingkungan Belajar yang Aman, Nyaman dan Lestari”, kegiatan dimulai pukul 08.00 Wib - Selesai. Kegiatan Rekonstruksi rumah pintar ini diikuti oleh penerima beasiswa Bank Indonesia 2023. Kegiatan ini merupakan program kerja kolaborasi antara Divisi Pendidikan dan Divisi Lingkungan Hidup guna mempererat hubungan kekeluargaan antardivsi yang ada di GenBI Kepri Komsat UMRAH.

Kegiatan Rekontruksi ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk perawatan rumah pintar yang terdapat di Kampung Bugis tersebut, untuk mewujudkan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan lestari. Melihat Rumah pintar menjadi salah satu wadah bagi anggota GenBI Kepri untuk mengabdi ke masyarakat melalui kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara rutin oleh anggota GenBI Kepri.

Kegiatan dimulai dengan briefing oleh ketua pelaksana, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bersih-bersih sebagai bentuk pemeliharaan inventaris yang ada di Rumah Pintar. Bentuk kegiatan pemeliharaan yang dilakukan oleh GenBI Kepri yaitu memilah buku-buku dan disusun kembali ke rak, membersihkan beling yang membahayakan, mengepel, merawat inventaris dengan membersihkan nya dari debu, membersihkan kaca, membuang sampah di dalam dan di luar rumah pintar, memotong rumput liar yang memenuhi pekarangan rumah pintar, serta menata kembali pekarangan agar lebih rapi.

Dalam pelaksanaan kegiatan rekonstruksi rumah pintar ini para anggota GenBI Kepri tidak menghiraukan rasa panas matahari yang begitu terik, dan rasa lelahnya, mereka sangat bersemangat, saling membantu satu sama lain,dan konsisten dalam menyelesaikan pekerjaan.

"Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing" adalah motto yang harus ditanamkan dalam diri. Rasa kekeluargaan yang sudah ditanamkan menciptakan kebersamaan dan kekompakan menyukseskan berjalannya kegiatan ini.

Rossa Indriana Prihastini dan Muhammad Ardi Siregar merupakan perwakilan Divisi sebagai ketua pelaksana mengatakan "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa kepedulian anggota GenBI terhadap wadah yang telah dibangun bersama dengan pengurus sebelumnya dan kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk dedikasi kami terhadap negeri. Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk pengimplementasian fungsi GenBI Agent of Change (Agen Perubahan)” tegas ketua pelaksana.

Dengan terlaksananya kegiatan "Rekonstruksi Rumah Pintar ini", Anggota GenBI terkhususnya anggota Divisi Pendidikan dan Divisi Lingkungan Hidup sudah mencurahkan ide, pemikiran bahkan tenaga agar kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik. Diharapkan dari kegiatan ini dapat menumbuhkan semangat dan kekeluargaan para anggota GenBI Kepri Komsat UMRAH untuk lebih berkontribusi kepada negeri dan mengabdikan diri kepada masyarakat sebagai bentuk pengimplementasian fungsi GenBI dalam kehidupan sehari-hari.